Pernikahan Gerejawi

PERSYARATAN MELANGSUNGKAN PERNIKAHAN DI GKI MANGGA BESAR
PDFPrintE-mail
PERSYARATAN PERNIKAHAN
Anggota Jemaat GKI Mangga Besar yang akan melangsungkan pernikahan di GKI Mangga Besar maupun di Gereja lain, dimohon memperhatikan ketentuan-ketentuan di bawah ini :
  1. Kedua calon mempelai adalah anggota Sidi GKI atau seorang di antaranya adalah anggota Sidi GKI yang tidak berada di bawah penggembalaan khusus.
  2. Mengajukan permohonan kepada Majelis Jemaat minimal 3 bulan sebelum pernikahan dengan menyerahkan dokumen sbb:
  • Mengisi formulir (Pernikahan Gerejawi), atau diambil di kantor Tata Usaha Gereja.
  • Melampirkan fotocopy  Surat Baptis dan Sidi.
  • Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah yang diketahui & ditandatangani oleh orangtua atau wali.
  • Melampirkan fotocopy  Sertifikat Pembinaan Pranikah.
  • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6  (2 lembar) posisi berdampingan.
  • Surat Pengantar bila calon dari gereja lain.
  1. Ketentuan dalam butir 2 diatas, berlaku bagi setiap pemohon yang pernikahannya dilayani di GKI Mangga Besar atau MEMINTA DILAYANI DI GEREJA LAIN.
  2. Formulir yang sudah lengkap dikembalikan melalui Kantor Tata Usaha Gereja, dan kedua calon mempelai diwajibkan menghadap Pendeta untuk mendapatkan pengarahan.
  3. Sebagai kewajiban dan sekaligus pembekalan bagi anggota jemaat yang akan menikah maka setiap pasangan diwajibkan mengikuti Pembinaan Pranikah. Menyesuaikan rencana pernikahannya dengan jadwal Pembinaan, karena Pembinaan Pranikah ini harus diikuti sebelum pernikahan (dapat mengikuti Pembinaan Pranikah di gereja GKI lain yang melaksanakan)
  4. Kebaktian pernikahan dapat dilaksanakan antara hari Senin s/d Sabtu (hanya dilayani 2 kali peneguhan dan pemberkatan nikah dalam satu hari).
  5. Penjelasan lengkap dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pernikahan dapat ditanyakan melalui Kantor Tata Usaha Gereja antara jam 09.30 - 16.00 atau pada hari Minggu setelah kebaktian.
  6. Bila menghadapi permasalahan, sebaiknya menemui pendeta agar mendapatkan bimbingan / pengarahan yang benar.
  7. Pelayanan peneguhan dan pemberkatan nikah di Gedung Gereja dapat dilakukan mulai pukul 09.00 dan berakhir selambat-lambatnya pada pukul 17.00.
  8. Apabila membutuhkan bantuan untuk pelaksanaan pernikahan menurut ATURAN NEGARA (BS / Catatan Sipil), Majelis Jemaat akan memberikan bantuan pelayanan. Informasi tentang hal ini ada di Kantor Tata Usaha Gereja.

 

KUNJUNGI  JUGA  SITUS  :

 

              Logo Ukrida